Friedrich-Ebert-Stiftung

Jl. Kemang Selatan II No. 2A
Jakarta Selatan 12730, Indonesia
☏   +62 21 7193711
📠  +62 21 71791358

Email  Website  Facebook  Youtube





Friedrich-Ebert-Stiftung atau Yayasan Friedrich-Ebert adalah yayasan politik tertua di Jerman. Nama dari yayasan ini diambil dari presiden Jerman pertama yang terpilih secara demokratis. Friedrich Ebert memiliki latar belakang sosial yang sederhana. Ia adalah seorang pengrajin dari latar belakang kelas pekerja yang membuatnya sulit untuk meraih posisi politik yang tinggi. Ebert memiliki bayangan akan masyarakat yang didasari oleh prinsip kebebasan, keadilan sosial, dan solidaritas agar semua orang, terlepas dari kelas sosial, etnis, gender, agama dan lainnya bisa berpartisipasi di semua aspek kehidupan sosial, politik, dan budaya.

Semangat itulah yang menjadi panduan dari kegiatan internasional FES, termasuk kantor perwakilannya di Indonesia.

Selama 30 tahun Indonesia telah mengalami periode pertumbuhan ekonomi yang cepat dan pendirian sistem demokrasi yang berfungsi baik. Tujuan dari FES Indonesia adalah untuk berkontribusi pada pemerintah Indonesia, para ilmuwan, dan masyarakat sipil dalam mengupayakan pembangunan berkelanjutan; memastikan distribusi kemakmuran secara merata dalam semangat keadilan sosial dan solidaritas untuk meningkatkan mata pencaharian dan kesejahteraan untuk semua warga; serta mendukung Indonesia menjadi rujukan bagi demokratisasi, pembangunan sosial ekonomi dan perdamaian ke negara-negara lain di tingkat regional dan internasional.

Bersama dengan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) FES menyelenggarakan konferensi, seminar, lokakarya, dan kegiatan pembangunan kapasitas untuk dan dengan mitra-mitra dari masyarakat sipil, akademisi, dan lembaga negara. FES juga berkontribusi dan mendukung strategi dan pembelajaran isu-isu sentral tentang Jaminan Sosial, Transformasi Kota Sosial, Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan dan Kerjasama Internasional.

FES berkomitmen khusus untuk terlibat dengan generasi milenial karena mereka akan membentuk masa depan Indonesia. Dengan semangat ini FES melakukan beragam kegiatan untuk generasi muda di seluruh Indonesia untuk mendukung pembangunan karakter nasional yang inklusif, toleran, dan demokratis.




Institusi lainnya

EU Delegation to Indonesia
EU Mission to ASEAN
Friedrich Naumann Stiftung für die Freiheit
German Embassy Jakarta
Hanns Seidel Foundation
Konrad Adenauer Stiftung

Layanan

Acara

Proyek

Aktifitas

Program

Kebebasan, Keadilan dan Solidaritas adalah prinsip-prinsip panduan untuk keterlibatan FES di Indonesia. 

Program FES dirancang dengan koordinasi bersama mitra kami Kemenko PMK.

Empat isu sentral yang menjadi fokus adalah Jaminan Sosial, Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan, Transformasi Kota Sosial, dan Kerjasama Internasional.

Isu-isu ini relevan khususnya untuk mengatasi berbagai permasalahan yang muncul seiring dengan meningkatnya ketidakmerataan, perubahan iklim, percepatan urbanisasi, dan transformasi tatanan global.

Lebih lanjut

Kegiatan

Keterlibatan FES di Indonesia diwujudkan dalam berbagai bentuk kegiatan.

Bersama dengan mitra kerja, FES melaksanakan kegiatan konferensi, seminar, lokakarya, kelompok diskusi dan panel, kuliah dan role play, dengan tujuan untuk mengumpulkan bersama orang-orang dari latar belakang, afiliasi, dan posisi yang beragam.

Kami mengundang ke Indonesia para ahli dari akademisi  dan mengirim mereka ke acara di negara lain, menerbitkan dan menginisiasi studi tentang isu-isu sentral dan meningkatkan dialog internasional antara Jerman, Indonesia, dan para ahli, politisi, serta aktivis sosial dari jejaring internasional.

Lebih lanjut

Mitra

Kerjasama dengan mitra-mitra yang berkomitmen dan jejaring luas para ahli adalah dasar dari keterlibatan kami.

Untuk mengimplementasikan kegiatan kami serta mengelola keahlian dan pengetahuan tentang isu-isu sentral, tim FES Indonesia membangun dan membina jejaring yang terus tumbuh, baik dari individu dan organisasi masyarakat sipil yang berkomitmen

Lebih lanjut

Berita

X